Wednesday, August 1, 2018

7 Dampak Buruk Game Online Bagi Anak-Anak, Pelajar, Remaja dan Dewasa

apa, bagaimana, apabagaimana, efek buruk main game,efek buruk main game online, dampak buruk main game, dampak buruk main game online, efek buruk bermain game, samping main game online, dampak buruk bermain game, dampak buruk bermain game online, dampak buruk main game gadget, dampak buruk main game smartphone, dampak buruk bermain game gadget, dampak buruk bermain game di smartphone, akibat buruk bermain game, dampak negatif main game pada anak, dampak buruk bermain game pada anak, dampak buruk bermain game player adalah, dampak negatif bermain game bagi anak, dampak buruk bermain game berlebihan, dampak buruk bermain game bagi kesehatan, dampak buruk bermain game bagi pelajar, dampak buruk bermain game bagi remaja, dampak buruk bermain game bagi orang dewasa, dampak buruk kecanduan game, dampak buruk kecanduan game online

apabagaimana- Bermain game terutama game online tentu sangat menyenangkan. Tidak hanya bagi anak-anak, remaja dan dewasa pun juga menyukai bermain game. Dengan berkembangnya zaman, perkembangan game online sangat pesat, hal ini diiringi dengan perkembangan gadget yang semakin canggih. Game online semakin mudahnya dimainkan menggunakan gadget seperti smartphone, konsol dan perangkat computer, sehingga menyebabkan banyak orang menjadi lengket dengan berbagai game yang dimainkan.

Seringkali jika terasa bosan,kita bias langsung ambil smartphone dan memainkan game.  Asalkan kuota internet dan daya baterai tercukupi, kita bisa enjoy memainkan game yang kita suka. Kemudahan inilah yang tentunya menimbulkan masalah serius, terutama bagi anak-anak, remaja, pelajar bahkan orang dewasa jika tidak bisa mengontrolnya dan akan memunculkan dampak buruk dari bermain game online.
 
Apa sajakah dampak buruk game online?
Berikut merupakan 7 dampak buruk game online bagi anak-anak, remaja, pelajar dan orang dewasa:
 

1. Menyebabkan Kecanduan
Dampak buruk game online yang pertama adalah kecanduan. Kecanduan sendiri merupakan efek yang paling sering ditemukan, ini terjadi karena seseorang menghabiskan terlalu banyak waktu untuk memainkan game online. Pemain akan merasa hari-harinya kurang seru, membosankan atau hanya merasa kurang sesuatu jika tidak memainkan game online yang dimainkan. Kecanduan inilah yang akan sulit dihilangkan oleh pemain game online.

Game online sendiri, dibuat dengan menyajikan berbagai fitur dan misi yang menarik kepada si pemain. Jika targetnya belum tercapai , pemain akan mencoba memainkan lagi dan lagi. Ini juga diperparah dengan adanya fitur update, yang berarti pembuat game dan developer menyajikan sesuatu yang baru, demi membuat pemain betah memainkan game mereka.

2. Malas Beraktivitas
Dampak buruk selanjutnya adalah malas beraktivitas. Jika pemain game online sudah kecanduan, maka berarti ia sudah terlalu asik bermain game. Selanjutnya ia pasti akan malas melakukan hal lain selain bermain game, karena apa yang ada dalam pikirannya hanya game dan game saja.

3. Kurangnya Kontrol Emosi
Bermain game online juga berakibat pada kurangnya kontrolnya emosi. Jika diingatkan untuk melakukan hal lain, pemain game akan marah-marah, karena merasa terganggu. Game online sendiri merupakan game yang menggunakan jaringan internet, sehingga jika jaringan internet terkadang lemot atau tiba-tiba hilang, pemain akan marah-marah sendiri, dengan mengucapkan kata-kata yang kasar. Contoh lainnya adalah jika saat permainan tidak seperti yang diharapkan, partner yang tidak jago, musuh yang terlalu jago, hingga membuatnya kalah dalam permainan akan membuat pemain mengucapkan kata kasar bahkan akan muncul perilaku agresif dan tindakan yang terkadang dapat memicu pengrusakan akan properti dll.

4. Kesehatan Terganggu
Pemain yang sudah kecanduan akan terus bermain hingga targetnya tercapai, bahkan dia tidak peduli dengan waktu dan kesehatannya sendiri. Otak, mata dan tangan akan dipaksa untuk terus fokus bermain game. Berlama-lama di depan monitor juga berbahaya, karena monitor dapat menyebabkan radiasi pada otak. Hal ini akan menyebabkan kesehatan terganggu, bahkan hingga menyebabkan kematian.
 
Gangguan Kesehatan yang dapat terjadi akibat dampak buruk game online adalah:
- Pusing
- Kerusakan Penglihatan
- Sakit Maag
- Insomnia
- Gangguan Metabolisme Tubuh
- Depresi
- Sakit Jantung
- dll

5. Menurunnya Konsentrasi
Game online juga memiliki dampak buruk berupa menurunnya konsentrasi. Hal ini diakibatkan oleh otak yang sudah lelah bermain game selama berjam-jam. Akibatnya banyak tugas bagi pelajar dan pekerjaan bagi orang dewasa terbengkalai dan menjadi susah konsentrasi dalam mengerjakannya.

6. Menurunnya Produktivitas
Menurunnya konsentrasi dan kurangnya istirahat karena bermain game sepanjang waktu akan berdampak pada pelajar saat menerima pelajaran di sekolah, pelajar akan sulit menerima materi yang disampaikan oleh guru. Dan bagi pekerja yang sering bermain game akan mengakibatkan menurunnya kinerja saat bekerja. Hal inilah yang membuat produktivitas turun.

7. Menghambur-hamburkan Uang
Jika sudah keasyikan bermain game online dan berambisi untuk menjadi yang terbaik, maka pemain tidak akan peduli lagi agar dapat meraihnya, yaitu dengan mengeluarkan banyak uang untuk membeli barang-barang maupun fitur yang disediakan dalam game untuk menunjang dalam tercapainya target yang diinginkan.

Itulah 7 dampak buruk game online yang harus kamu waspadai, jangan sampai hal yang tujuannya cuma untuk bersenang-senang dapat mempengaruhi hidup dan perilaku kamu untuk melakukan sesuatu yang negatif. Ingatlah untuk selalu mengkontrol kegiatan bermain game online, lakukanlah secukupnya dan sewajarnya. 

0 comentários:

Post a Comment

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html