Sunday, August 5, 2018

PENTING! Apa Saja yang Harus Dilakukan Saat Gempa Bumi Terjadi Agar Kamu Selamat

apa, bagaimana, apabagaimana, bagaimana cara, gempa, gempa bumi, bencana gempa, bencana gempa bumi, gempa lombok, gempa bali, gempa terbaru, gempa bumi hari ini, agar kamu selamat saat gempa bumi, saat terjadi gempa bumi, hal yang harus dilakukan saat gempa bumi, cara agar selamat, apa saja yang harus dilakukan saat gempa bumi, barang yang harus diperlukan saat gempa bumi, setelah terjadi gempa bumi

apabagaimana- Gempa bumi sering membuat kepanikan di masyarakat. Berusaha tetap tenang dan tidak panic serta mengetahui apa yang harus dilakukan saat gempa bumi terjadi adalah cara agar selamat. Berikut merupakan hal-hal yang diharuskan

Saat Terjadi Gempa Bumi

1. Jika Kamu berada di dalam bangunan
Lindungi badan dan kepala Kamu dari reruntuhan bangunan dengan bersembunyi di bawah meja, dan dengan posisi telungkup, kedua tangan melindungi kepala dengan helm, bantal, dll.
Cari tempat yang paling aman dari reruntuhan dan guncangan.
Lari ke luar apabila masih dapat dilakukan, lakukan dengan tertib, jangan menggunakan eskalator atau lift, gunakanlah tangga biasa.

2. Jika berada di luar bangunan atau area terbuka
Menghindarlah dari bangunan yang berada di sekitarmu seperti pohon, gedung, tiang listrik, dll.
Perhatikanlah tempat Kamu berpijak, hindari jika terjadi retakan atau rekahan tanah.
Jika kamu sudah di luar atau area terbuka, tetaplah diam sampai gempa berhenti.

3. Jika sedang mengendarai mobil
Keluarlah dari mobil dan menjauh, jika terjadi kebakaran atau pergeseran coba hindari.

4. Jika Kamu tinggal atau berada di pantai
Segera jauhi pantai untuk menghindari bahaya tsunami yang kemungkinan terjadi.

5. Jika Kamu tinggal di daerah pegunungan dan perbukitan
Jika Kamu berada di pegunungan, bergeraklah ke tempat yang aman seperti lapangan terbuka yang jauh dari daerah lereng dan hindari daerah yang mungkin terjadi longsor.


apa, bagaimana, apabagaimana, bagaimana cara, gempa, gempa bumi, bencana gempa, bencana gempa bumi, gempa lombok, gempa bali, gempa terbaru, gempa bumi hari ini, agar kamu selamat saat gempa bumi, saat terjadi gempa bumi, hal yang harus dilakukan saat gempa bumi, cara agar selamat, apa saja yang harus dilakukan saat gempa bumi, barang yang harus diperlukan saat gempa bumi, setelah terjadi gempa bumi

Setelah Terjadi Gempa Bumi

1. Jika Kamu berada di dalam bangunan
Keluarlah dengan tertib gunakan tangga biasa atau tangga darurat.
Periksalah dirimu dan sekitar apa ada yang terluka, lakukan pertolongan dengan menelepon dan meminta bantuan, atau lakukan P3K sendiri.

2. Periksa lingkungan sekitar
Lakukan pemeriksaan apakah terjadi kebakaran, kebocoran gas, terjadi hubungan arus pendek listrik dan mengecek aliran pipa air.
Jangan menyalakan api, karena dapat membahayakan jika terjadi kebocoran gas yang tidak kamu ketahui.

3. Jangan memasuki bangunan dan berjalan di daerah sekitar gempa
Kemungkinan dalam bangunan tersebut masih terdapat reruntuhan yang berbahaya, juga jangan berjalan dahulu untuk berjaga-jaga jika terjadi gempa susulan.

4. Mendengarkan informasi
Dengarkan informasi mengenai gempa bumi dari radio, untuk mengetahui apabila terjadi gempa susulan.

5. Mengisi angket
Isilah angket yang diberikan oleh instansi terkait untuk mengetahui seberapa besar kerusakan yang terjadi

6. Jangan panik dan jangan lupa selalu berdoa kepada Tuhan demi keamanan dan keselamatan kita semuanya.

Barang-Barang yang Harus Dipersiapkan Saat Gempa Terjadi

1. Air
Air tidak hanya untuk minum, namun untuk sanitasi, memasak dan pertolongan pertama. Kamu dapat bertahan tanpa makanan dalam beberapa waktu, tapi tanpa air, kemungkinan kamu tidak akan bertahan dalam beberapa waktu.

2. Makanan
Beberapa stok makanan kaleng dan makanan kemasan bisa menjadi stok untuk persiapan menghadapi bencana gempa bumi. Persiapkan juga peralatan makan yang diperlukan, seperti pembuka kaleng. Perhatikan juga untuk selalu mengecek tanggal kadaluarsanya.

3. Kotak P3K
Kotak P3K merupakan barang yang perlu kamu bawa pada saat terjadi bencana gempa bumi. Peralatan yang harus ada di dalam kota P3K, adalah plester, alcohol dan obat-obatan. Cek selalu kadaluarsa dari obat-obatan yang kamu bawa.

4. Charger HP
Charger HP sangat diperlukan, jika saat kamu berusaha menghubungi keluarga atau kerabat dalam keadaan genting seperti bencana gempa bumi, kamu tidak akan kehabisan daya baterai. Lebih baik jika menggunakan charger tenaga matahari.

5. Tisu
Tisu merupakan barang terakhir yang harus dipersiapkan saat gempa terjadi. Tisu bias juga untuk keperluan sanitasi dll.

PERHATIKAN!
Gempa bumi dapat terjadi kapan saja, bahkan saat kamu sedang tidur. Jadi, sangat penting untuk mengatur kamar tidur agar aman dari bencana gempa bumi. Jangan menaruh benda-benda yang mudah jatuh di dinding tempat tidur. Tautkan lemari di dinding dan pastikan benar-benar kuat. Pastikan ketika terjadi getaran kita tidak tertimpa benda-benda. Aturlah meja dan kursi agar tidak menghalangi kamu saat bergerak ke pintu keluar.
Selain itu, jika belum terjadi sebaiknya, kamu menyiapkan salinan dokumen-dokumen penting, dengan cara menscan dokumen-dokumen tersebut dan simpan ke dalam flashdisk, email dan penyimpanan online seperti google drive.

Itulah beberapa hal yang harus dilakukan saat gempa bumi terjadi, semoga selalu diberikan selamat untuk kita semua. Amiin!
Jangan lupa share ya..

0 comentários:

Post a Comment

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html